Inggris

Inggris Melaju Ke Fase 16 Besar

Saint-Etienne – Tim nasional Inggris dibuat pusing dengn disiplinnya barisan pertahanan Slovakia pada pertandingan terakhirnya di babak penyisihan grup B Euro 2016 Perancis, Selasa dini hari tadi.

Ditahan seri dengan skor kacamata, Inggris harus puas lantaran mereka dapat lolos ke fase 16 besar dengan status tim runner-up grup B di bawah Wales yang melaju ke fase 16 besar sebagai juara grup B.

Inggris sebetulnya bermain sangat dominan pada laga yang dihelat di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne itu. Statistik mengatakan bahwa tim yang dibesut oleh Roy Hodgson itu menguasai ball possession mencapai 61%.

Dari sisi peluang, Inggris juga jauh lebih unggul dari Slovakia yang memilih tampil bertahan guna mencari hasil seri. Inggris tercatat melesatkan 11 peluang dimana 5 diantaranya merupakan shoot on target. Sedangkan Slovakia hanya dapat melesatkan 2 shoot on target saja.

Inggris sebetulnya dapat unggul 2 gol di paruh pertama jika Agen Bola Euro 2016 Jamie Vardy dan Adam Lallana lebih tenang dalam menyelesaikan peluang yang mereka dapatkan masing – masing.

Kesempatan emas pertama diraih Jamie Vardy pada saat berhasil memenangi adu lari dengan Martin Skrtel dimenit ke-17. Namun, saat hanya berhadapan dengan kiper Slovakia, Matus Kozacik, Jamie Vardy kuran sabar sehingga bola yang disepak dapat dihalau oleh Matus Kozacik.

Sementara kesempatan emas yang didapat Adam Lallana terjadi dimenit ke-34 dimana Adam Lallana mendapatkan operan cantik dari teman setimnya di Liverpool, Nathaniel Clyne dari sayap kiri barisan pertahanan Slovakia.

Namun, tendangan voli Adam Lallana dari dalam kotak penalti masih dapat dibuang oleh Agen Judi Euro 2016 Matus Kozacik. Skor kacamata pun bertahan hingga paruh pertama usai.

Memasuki paruh kedua, Inggris masih terus menggempur tembok pertahanan Slovakia yang kokoh itu. Kesempatan emas pun tercipta kembali untuk Inggris dimenit ke-62 dimana kini giliran Dele Alli yang baru turun digantikan oleh Adam Lallana.

Dengan memanfaatkan operan silan dari Jordan Henderson, Dele Alli langsung melesatkan tendangannya dari tiang jauh, namun Dele Alli harus gigit jari karena Martin Skrtel dapat memuntahkan bola yang mengarah ke gawang Slovakia.

Taktik Slovakia untuk mencari hasil imbang pun akhirnya dapat dikatakan sukses. Sampai wasit meniup peluit panjang menyatakan pertandingan selesai, Inggris tidak dapat menciptakan 1 gol pun dan harus senang dengan hasil imbang dengan skor kacamata.

Atas hasil ini, Inggris pun juga harus puas dengan melaju ke fase 16 besar sebagai tim runner-up di grup B dengan mengemas 5 poin. Inggris ada dibawah Wales yang telah mengoleksi 6 poin karena dipertandingan terakhirnya Wales dapat menang 0-3 atas Rusia.

Dengan situasi ini, Inggris diprediksi akan bertemu dengan runner-up grup F di fase 16 besar, sementara Wales akan bertemu dengan tim peringkat ke-3 terbaik yang lolos melaju ke 16 besar.

Adapun Slovakia yang berada di peringkat ketiga dengan mengemas 4 poin masih dapat melaju ke fase 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Slovakia masih memimpin klasemen peringkat ketiga terbaik dimana 4 tim di posisi itu akan melaju ke fase 16 besar.